Tips Mempercantik Rumah dengan Menggunakan Batu Alam

Arsitektur rumah pada masa sekarang ini banyak yang memiliki keunikan – keunikan tersendiri. Keunikan tersebut bisa dilihat dari interior dan eksterior yang di pakai oleh masing – masing rumah. Dalam sebuah rumah penggunaan perabotan atau barang – barang sangat mempengaruhi tampilan dari rumah itu sendiri. Salah satu kreasi yang sedang booming saat ini adalah penggunaan batu alam sebagai salah satu aksesoris di dalam ataupun di luar rumah.

Penggunaan batu alam ini telah banyak dipraktekkan oleh masyarakat zaman dahulu untuk mempercantik tampilan rumah mereka. Penggunaan batu alam pada masa dulu dianggap sebagai salah satu simbol kemakmuran dari suatu keluarga. Simbol kemakmuran tersebut hanya bisa dipakai oleh beberapa keluarga yang terpandang saja. Akan tetapi pada masa sekarang ini penggunaan batu alam telah banyak digunakan di banyak kalangan masyarakat. Tidak terbatas hanya pada kalangan tertentu saja, hampir semua kalangan dapat menggunakan batu ini.

 Jenis – Jenis Batu Alam Untuk Rumah

Terdapat banyak jenis batu alam yang dapat digunakan sebagai salah satu komponen pembuatan rumah. Batu – batu tersebut memiliki banyak jenis dan ukuran. Warna untuk batu – batu tersebut juga banyak dan bervariasi. Semua hal tersebut digunakan untuk menunjang keindahan rumah. Jenis – jenis batu alam tersebut adalah :

1. Batu marmer
Marmer adalah batuan Kristal yang terbuat dari mineral – mineral terbaik yang terendapkan. Batu marmer ini biasanya berwarna putih. Terdapat beberapa warna lain yang telah beredar di pasaran. Marmer – marmer tersebut telah terkenal sebagai salah satu bahan bangunan yang cukup mahal. Batu alam jenis ini adalah batu alam yang paling sering digunakan untuk bahan bangunan dan bahan – bahan untuk mempercantik rumah. Terdapat beberapa jenis batu marmer yang biasa digunakan untuk bangunan yaitu :

  •  Ornamental marble, marmer jenis ini biasanya digunakan untuk membuat pilar – pilar bangunan.
  •  Architectural marble, karena kekokohan bahan nya sering kali marmer ini menjadi salah satu komponen untuk membuat bangunan. Bentuk dari marmer ini juga sangat bervariasi
  • Marmer cipolin, marmer jenis ini memiliki warna yang cenderung lebih gelap dan memiliki visualisai yang menyerupai ombak atau sapuan air.

2. Batu adesit
Batu adesit adalah batu alam yang terbentuk dari batuan vulkanik yang membeku. Dilansir dari artikel.rumah123.com, batu andesit memiliki beberapa warna dasar yang sangat cantik dan sering kali digunakan untuk mempercantik ruangan atau sebagai tambahan dalam bahan bangunan. Penambahan batu adesit pada bangunan selain membuatnya lebih kuat juga membuatnya menjadi lebih cantik. Batu andesit memiliki banyak kelebihan jika di banding dengan batu alam jenis lain. kelebihan dari batu andesit adalah :

  •  Sifat batu andesit lebih keras sehingga lebih tahan lama dibanding dengan batu lainnya
  •  Memiliki pori yang rapat sehingga batu ala mini lebih tahan terhadap kotoran dan juga lebih awet
  • Tahan terhadap cuaca
  • Perawatan tergolong mudah. Pembersihan batu andesit dapat dilakukan hanya dengan air
  • Mudah dalam pemasangan
  • Warna yang lebih bervariasi

Selain kelebihan – kelebihan tersebut terdapat pula kekurangan dari batu andesit ini. kekurangan yang sangat jelas adalah harga yang ditawarkan tergolong cukup tinggi. Harga dari batu alam memang tergolong cukup tinggi. Tidak hanya batu andesit dan batu marmer saja akan tetapi banyak batu alam lain yang juga dapat digunakan untuk mempercantik dan memperkokoh rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *