Cek Gatal-Gatal karena Alergi

Cek Gatal-Gatal karena AlergiApakah anak Anda mengalami gatal-gatal? Mungkin saja penyebabnya karena alergi. Memang penyebabnya bisa bukan hanya karena alergi. Tapi mungkin bisa juga karena kondisi tempat tinggal yang kurang bersih. Oleh karena itu, untuk memastikannya, Anda perlu melakukan Cek Alergi.

Jika dilihat dari jenisnya, gatal-gatal pada kulit bisa berupa berikut ini.

1. Ruam

Ruam adalah kondisi kulit yang kemerahan dan terasa gatal. Kadang terlihat juga kulit agak sedikit bengkak.

Saat kondisi anak mengalami ruam, sebaiknya cegah dia untuk menggaruknya. Sebab dikhawatirkan hal ini bisa memperparah kondisi ruam kulit.

2. Kulit yang kering

Terjadinya gatal pada kulit anak bisa juga disebabkan karena jenis kulit kering. Kulit menjadi kering bisa karena dipicu misalnya berada di ruangan ber-AC atau kondisi cuaca dengan kelembaban rendah.

Nah, jika anak Anda mengalami gatal karena faktor ini, coba buat udara sekitar menjadi lebih lembab. Hal tersebut mungkin bisa membantu mengatasi masalah gatal pada kulit kering tersebut.

3. Kulit yang kasar

Ada juga jenis sakit kulit yang disebut psoriasis. Pada kondisi ini, terjadi penumpukan sel kulit mati sehingga kulit pun menjadi kasar dan mungkin juga bersisik.

Atasi Alergi pada Anak

Setelah mengetahui berbagai jenis gatal di atas, penting juga diketahui apa penyebab terjadinya alergi tersebut.

Susu mungkin bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya alergi. Tapi jelas hal ini bukan satu-satunya. Bisa juga karena anak alergi teradap shampoo tertentu. Atau bisa juga karena alergi terhadap deterjen.

Oleh karena itu, amat penting mengetahui mengapa anak bisa sampai mengalami alergi. Untuk mengetahui gejalanya bisa mudah diketahui ketika anak mengalami perubahaan di kulit setelah bersentuhan atau bersinggungan dengan ‘sesuatu’.

Jika misalnya alergi disebabkan karena susu, kita bisa mencari susu anak anti alergi. Salah satu yang banyak direkomendasikan oleh ibu-ibu Indonesia adalah produk dari Morinaga.

Sedangkan jika penyebab alergi itu karena faktor lainnya, kita juga bisa menjauhkan atau mengganti produk tersebut. Sebagai contoh, jika misalnya anak atau bayi mengalami alergi karena sampo, kita bisa mencoba mengganti dengan shampoo lainnya yang ramah bagi si kecil. Begitu juga kalau alergi ini disebabkan karena deterjen atau produk pelembut pakaian, kita bisa mencoba menggantinya dengan deterjen yang aman bagi anak-anak.

Jadi, prinispnya adalah kenali dulu apa penyebab terjainya gatal-gatal pada anak. Lalu kita coba cari produk yang bisa mengatasinya.

Kalau untuk masalah alergi susu sapi, Anda bisa mengetahui lebih jauh informasi lengkapnya di cekalergi.com. Situs tersebut menyajikan info lengkap untuk mengatasi risiko alergi yang terjadi pada anak-anak.

Tambahan tips agar masalah gatal-gatal ini bisa segera disembuhkan, orang tua bisa mencoba mengompres kulit dengan air dingin. Cara ini banyak dipercaya bisa membantu meredakan masalah gatal karena alergi. Selain itu, tentu orang tua perlu menjaga agar si kecil tidak sampai menggaruk kulit. Kulit yang gatal memang secara naluriah membuat anak ingin menggaruknya. Tapi kita bisa mencegahnya dengan menutupi bagian kulit yang gatal itu. Misalnya kita bisa memakaikan pakaian lengan panjang supaya anak tidak sampai menggaruk gatal di tangan.

Kalau misalnya masalah gatal-gatal itu terus berlanjut, orang tua juga bisa membawa ke dokter terdekat untuk melakukan pemeriksaan yang lebih akurat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *