5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membumbui Makanan

Banyak kesalahan memasak yang sering dilakukan sebagian orang. Salah satu yang paling sering dilakukan adalah kesalahan saat membumbui makanan. Hal ini sering kali terjadi akibat kurang fokus saat memasak, terlebih kalau memasak sambil pesan tiket Jakarta Hong Kong. Sebenarnya tidak ada aturan pasti dalam membumbui makanan karena setiap bumbu punya rasa dan fungsi yang berbeda-beda.

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membumbui Makanan

Namun, pemberian jumlah bumbu yang tepat akan menghasilkan sajian yang lezat. Untuk itu, sebelum kembali lagi ke dapur untuk mengolah makanan, sebaiknya ketahui dulu kesalahan membumbui makanan yang paling sering dilakukan banyak orang. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Tidak menggarami makanan

Meski terlihat sepele, nyatanya poin ini dapat menyebabkan makanan jadi hambar. Ya, pengasinan itu sangat penting karena sangat mempengaruhi hasil akhir hidangan. Apalagi kalau membuat sajian berbahan dasar daging dan ikan, garam tentu jadi bahan penting yang harus ditaburi pertama kali berbarengan dengan merica. Garam akan membuat hidangan semakin lezat.

2. Tidak menggunakan garam dalam jumlah yang tepat

Setiap kali memasak, kamu harus memastikan kalau semua bumbu yang akan kamu gunakan tepat jumlahnya. Jangan sampai kurang atau bahkan lebih karena dapat merusak rasa dari makanan yang kamu buat. Jumlah pemberian garam pada makanan yang direbus juga tak boleh sembarangan. Kalau kamu mau masak sesuatu yang direbus, pastikan air rebusan tersebut harus sangat asin agar semua bahan makanan yang dimasak di dalamnya punya rasa asin yang pas.

Jika menggunakan 4 liter air, jumlah garam yang harus digunakan adalah 1 sendok makan. Sedangkan, untuk menumis sayur dalam wajan yang cukup besar, jumlah garam yang digunakan setidaknya harus berukuran 1/2 sendok teh. Namun, cicipi terlebih dahulu ya agar tidak keasinan. Untuk daging, gunakan 1 sendok teh garam untuk setiap pon daging. Pastikan untuk membumbui daging selama setidaknya 1 sampai 24 jam sebelum mulai memasak.

3. Selalu menggunakan lada hitam

Kamu mungkin menyukai rasa pedas yang berasal dari lada hitam, tapi bukan berarti semua masakan cocok dibumbui dengan lada hitam. Harus diakui kalau lada hitam memang bisa memperkuat sebuah rasa, tapi nyatanya lada hitam tak perlu digunakan dalam segala masakan.

Gunakan lada hitam saat dibutuhkan saja atau ketika kamu benar-benar menginginkannya. Jika ingin menghasilkan rasa pedas, kamu bisa menggunakan lada putih karena rasa pedasnya tidak terlalu kuat. Lada putih juga tidak begitu aromatic sehingga cocok digunakan untuk segala jenis masakan.

4. Tidak membiarkan bumbu masak

Bumbu masakan harus dimasak hingga matang sebelum semua bahan dicampurkan dan diaduk hingga set. Namun sayangnya, tak banyak orang yang tahu kalau bumbu itu harus dimasak hingga matang. Tidak membiarkan bumbu masak akan membuat masakan mudah basi. Memasak bumbu hingga matang juga akan membuat rasanya semakin lezat. Oleh karena itu, pastikan kalau bumbu dimasak hingga matang sebelum kamu mencampurkannya dengan bahan lainnya.

5. Tidak mencicipinya

Nah, ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan banyak orang. Padahal, satu-satunya cara untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dari sebuah hidangan adalah mencicipinya. Sebaiknya bumbui sedikit demi sedikit dan rasakan setiap penambahannya. Lalu, kamu bisa menyesuaikannya dengan selera kamu sendiri.

Itu dia kesalahan yang paling sering dilakukan saat membumbui makanan. Kalau sudah tahu kesalahan apa saja yang sering kamu perbuat, jangan sampai mengulanginya lagi, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *