Menyeramkan!! Ritual Pemakaman Unik Hanya Ada Di Indonesia

Indonesia yakni negara yang sangat kaya, baik itu kekayaan alam, suku maupun kekayaan budayanya.Siapa yang tidak terkagum menyaksikan banyaknya suku yang ada di Indonesia yang mencapai lebih dari 300 etnik. Dari banyaknya jumlah suku tersebut tentu saja setiap suku mempunyai tradisi yang berbeda. Keunikan tradisi yang disajikannnyapun sangat beragam, mulai dari kehidupan sehari-hari hingga tradisi pemakaman jenazahpun berbeda pula. Sampai  hingga ada sebuah tradisi yang mungkin bagi sebagian orang dirasa sangat aneh dan cenderung sadis yaitu memakan orang yang sudah meninggal.

 

Itulah keunikan ekstrim dalam hal mengurusi orang yang sudah meninggal. Tentu itu berbeda dengan sebagian besar orang yang mengurusi mayat dengan cara normal di seluruh belahan dunia. Dalam artikel ini saya akan membahas perihal banyak sekali ritual pemakaman unik yang ada di Indonesia.

Berikut ini akan disajikan banyak sekali tempat yang mempunyai keunikan dalam mengurus hingga memakamkan mayat yaitu :

1. Tradisi Rambu Solo, Tana Toraja

Tradisi Rambu Solo merupakan sebuah upacara budbahasa untuk orang yang sudah meninggal yang dilaksanakan oleh masyarakat Toraja. Tradisi ini bertujuan untuk mengiringi dan menghantarkan arwah dari orang yang sudah meninggal dunia.Masyarakat Toraja percaya bahwa dengan ritual ini maka orang yang sudah meninggal tersebut akan menggapai keabadian di sebuah tempat peristirahatan terakhirnya. Biaya untuk menyelenggarakan ritual ini cukup besar.

Sebutan lain untuk upacara ini yakni upacara penyempurnaan kematian. Dan masyarakat percaya bahwa orang yang sudah meninggal belumlah sepenuhnya meninggal sebelum upacara ini diselenggarakan oleh orang yang terkena petaka tersebut. Seandainya upacara ini belum diselenggarakan, maka mereka menyampaikan bahwa orang tersebut hanyalah dianggap lemah ataupun sedang mengalami sakit. Mereka tetap memperlakukan mayat layaknya orang yang masih hidup.

Kemudian mayat ditempatkan dan dibaringkan diatas tempat tidur kemudian diajak bicara bahkan mayat diberikan makan dan minum. Untuk meramaikan upacara ini, maka diadakan juga pertunjukan atraksi untuk umum. Salah satu pertunjukan tersebut yakni berupa penyembelihan kerbau, tabrak kerbau, dan juta tari khas Toraja.

2. Upacara Saur Matua, Sumatera Utara

Ritual dari suku Batak ini tergolong unik lantaran tidak sembarang orang bisa melakukan ritual Saur Matua. Biasanya ritual ini dilaksanakan oleh orang sudah meninggal di umur yang relatif sangat tua. Disamping itu juta ritual ini dilakukan anak dari si orang yang sudah meninggal tadi dengan syarat sudah nikah dan sudah punya keturunan. Dan lagi anak-anaknya yang akan melakukan ritual ini haruslah sudah melakukan tradisi budbahasa pernikahan.

Namun uniknya lagi, penyelenggaraan perayaan Saur Matua ini tidaklah menggambarkan kesedihan atau murung cita, tapi justru menggambarkan kegembiraan dan suka cita. Hal ini dilaksanakan oleh lantaran orang yang sudah meninggal pada umur yang sangat renta dan bawah umur yang ditinggalkannya sudah punya istri dan anak. Masyarakat beranggapan bahwa orang yang sudah meninggal telah mendidik anak-anaknya dengan baik dan berhasil hingga anaknya tersebut nikah dan berketurunan, sehingga orang renta tinggal menantikan kematiannya dengan penuh suka cita.

3. Upacara Ngaben, Bali

Ngaben merupakan upacara pengurusan mayat dari tempat Bali. Ritual ini sangatlah populer di Indonesia lantaran keunikannya. Hal ini menyampaikan bahwa tempat yang menerima julukan 1001 pura ini ritualnya tidak kalah unik dibandingkan dengan ritual-ritual dari tempat lainnya di Indonesia. Upacara ngaben sering menjadi sebuah daya tarik sendiri bagi para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Tata cara pelaksanaan Upacara Ngaben yaitu dengan cara membakar mayat yang ditempatkan di dalam sebuah patung yang bentuknya mirip lembu.

Upacara ini dipercaya oleh masyarakat Bali bahwa dengan membakar badan orang yang sudah meninggal maka jiwanya akan bebas dan akan menuju pada kehidupan yang gres sehabis maut tersebut. Namun perlu diketahui bahwa upacara ini tidaklah murah dan cenderung sangat mahal. Bahwa banyak yang menyebut bahwa penyelenggarakan Upacara Ngaben merupakan upacara pengurusan mayat yang paling mahal dan paling megah di seluruh dunia.

4. Upacara Brobosan, Jawa

Upacara pemakaman mayat berikutnya yaitu berasal dari Pulau Jawa yang disebut sebagai Brobosan.
Dari zaman ke zaman upacara ini masih sangat menempel di masyarakat jawa hingga kini ini. Tata cara pelaksanaan upacara ini yaitu dengan cara seluruh keluarga diharuskan berjalan secara berurutan untuk melewati peti mati yang berada diatas mereka. Pelaksanaan upacara ini dilakukan oleh masyarakat jawa sebagai bentuk penghormatan mereka yang terakhir terhadap orang yang sudah meninggal yang banyak berjasa bagi mereka.

5. Upacara Trunyan, Bali

Disamping Upacara Ngaben, ternyata masyarakat Bali juta mempunyai upacara pemakaman lainnya yagn disebut dengan Trunyan. Tempat penyelenggaraan upacara ini diadakan di sebuah desa yang berjulukan Desa Trunyan, Kintamani. Yang unik dari upacara ini yaitu jasad orang yang meninggal tidaklah dikuburkan, melainkan jasadnya ditaruh begitu saja di bawah sebuah pohon yang disitu diletakkan juga sebuah kemenyan kemudian ditutup atau dipagari dengan bambu anyaman. Anehnya, setelah diletakkan begitu saja, ternyata mayat tersebut tidak mengeluarkan amis yang menyengat. Hal ini konon dikarenakan pohon taru dan kemenyan itulah yang menimbulkan jasad orang yang sudah meninggal tersebut tidak berbau.

6. Upacara Merapu, Sumba

Masyarakat Sumba merupakan pemilik dari tradisi Upacara Pemakaman Marapu ini. Pelaksanaan upacara pemakaman ini dilakukan di dalam sebuah rumah dari orang yang sudah meninggal dan disini terdapat dua tahapan. Tahap pertama, membungkus mayat memakai kain hingga beberapa lapis kemudian diletakkan ke dalam sebuah peti kayu. Tahap kedua, meletakkan mayat dengan posisi jongkok mirip bayi yang terdapat pada kandungan, dimana ini mempunyai makna kelahiran yang baru.

Lalu tuan rumah mempersilahkan kepada para pelayat wanita untuk masuk secara bergantian ke dalam rumah dan disana mereka duduk secara melingkar. Lalu setelah itu wanita – wanita tadi diijinkan untuk menyesali dan menangisi si mayat itu sepuasnya. Tahap berikutnya yakni menyiapkan kuburan untuk si mayit dimana kuburan tersebut terbuat dari materi dasar kerikil megalitikum. Batu tersebut kemudian akan ditarik secara beramai-ramai untuk dikeluarkan dari kampung dengan memakai upacara khusus.

7. Upacara Pemakaman Suku Minahasa, Sulawesi Utara

Di Sulawesi Utara tepatnya di tempat Minahasa, masyarakatnya juga mempunyai tradisi pemakaman yang unik. Jenazah yang sudah meninggak, oleh Suku Minahasa didudukkan sambil memeluk kakinya. Hal ini dipercaya oleh Suku Minahasa bahwa posisi ini melambangkan kesucian dan kebaikan. Arah dari posisi orang yang meninggal haruslah menghadap ke utara. Posisi ini bukan tanpa alasan lantaran konon orang Minahasa nenek moyangnya berasal dari utara. Uniknya lagi, si mayat tersebut yang dikuburkan di dalam kerikil jasadnya akan hancur hingga ke tulang – tulang tanpa sisa.

8. Upacara Mumifikasi Suku Asmat

Anda semua tentu sudah tahu apa itu mumi? Ya betul, mumi yakni mayat atau mayat yang diawetkan. Tradisi ini dilakukan lantaran untuk melindungi si mayat dari dekomposisi oleh cara yang alami maupun buatan, dengan tujuan supaya bentuk awal tetap terjaga. Ternyata bukan hanya tempat Mesir yang mempunyai mumi, akan tetapi banyak tempat dan negara juga mempunyai mumi. Tidak terkecuali di Indonesia yaitu di dalam tradisi dan kebudayaan suku Papua. Praktek dari tradisi ini dikhususkan kepada kepala suku yang sudah meninggal atau komandan perang mereka.

Pemumian ini dilakukan memakai materi – materi yang masih tradisional, dan ini bertujuan sebagai bentuk pemuliaan kepada sejarah dan religi mereka. Demikianlah artikel pendek dan singkat ini perihal Berbagai Ritual Pemakaman Unik Yang Ada di Indonesia. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan jendela ilmu bagi kita semua. Selamat bertemu lagi di artikel-artikel saya berikutnya. Salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *