Cara Mengetahui Kangker Payudara (Mammografi)

Apa yang akan anda lakukan dikala tiba-tiba anda menemukan adanya benjolan di kawasan payudara anda? Gemetar tentu. Kaget campur paranoid. Lebih-lebih belum terperinci benar akan melaksanakan apa setelahnya. Jalan terbaik yakni pergi ke dokter yang paling berkompeten di persoalan ini. Setelah itu dokter mungkin akan menganjurkan anda untuk melakukan. Belum sembuh bingungnya sudah, anda sudah di sodori lagi dengan istilah mammografi yang menciptakan kepala pusing. Dokter itu benar, alasannya yakni sejauh ini investigasi mammografi adalah investigasi paling efektif untuk memilih benjolan apakah yang ada pada payudara anda?Jadi, apa sih mammografi itu?

 

Apa itu Mammografi ?

Mammografi berasal dari dua kata yaitu mammae/mammo yang berarti payudara, dan kata grafi yang berarti pencitraan/pindai. Kaprikornus mammografi merupakan suatu investigasi untuk melihat adanya kelainan pada payudara perempuan. Tes ini memakai mesin khusus berjulukan mammogram dengan sinar X sebagai bahannya. Hasil pengambilan gambar kedua payudara itu akan direkam dalam suatu film sinar X atau eksklusif menuju komputer untuk dilihat oleh seorang radiolog atau dokter seorang andal radiologi.
Melalui investigasi Mammografi memungkinkan dokter untuk melihat dengan lebih terperinci jenis kelainan benjolan pada payudara melalui perubahan di jaringan payudara. Mammogram sanggup menunjukkan pula letak dan luas kelainan pada payudara seorang perempuan.

Kapan Seharusnya melaksanakan mammografi?

Mammografi seharusnya dilakukan sesudah anda meraba anda benjolan di area payudara anda. Alat mammografi akan mendeteksi jenis benjolan apa yang ada pada payudara anda. Umumnya dokter akan mengusulkan kepada anda melaksanakan investigasi lain jikalau memang di temukan suatu kelainan. Pemeriksaan itu sanggup berupa MRI Scan, FNAB atau USG payudara.
Nah, apakah kegunaannya hingga di situ, jangan dulu. Karena mammografi sanggup juga di gunakan sebagai alat deteksi dini kangker payudara. Kaprikornus fungsinya untuk screening yang dilakukan dalam periode waktu tertentu. Di Amerika, pemerintah setempat menyarankan untuk setiap perempuan remaja melaksanakan mammografi setidaknya 1-2 tahun sekali. Ini tentu bertujuan biar mereka mengetahui sedini mungkin penyakit yang sanggup timbul di payudara. Anda tentu faham bukan? Semakin dini kangker atau kelainan lain di temukan, semakin gampang penanganannya.
Apalagi jikalau anda yakni perempuan yang memang masuk dalam resiko kangker payudara? Sebaiknya anda lebih ketat lagi untuk melaksanakan investigasi ini. Siapa saja yang beresiko?
1. Wanita yang tidak menikah.
2. Ibu yang tidak menyusui
3. Wanita yang berumur 35 tahun keatas.
4. Wanita yang tidak mempunyai anak.
5. Wanita yang mempunyai riwayat keluarga yang menderita kanker payudara.
5. Wanita yang melahirkan anak pertama pada usia diatas 30 tahun.
6. Wanita pada masa menopause.
 
 

Bagaimana Prosedur Pemeriksaa Mammografi Dilakukan?

tiba anda menemukan adanya benjolan di kawasan payudara anda Gila! Pemeriksaan Ini Bisa Deteksi Dini Kangker Payudara (Mammografi)

Pasien bangkit di depan mesin sinar X khusus. Orang yang mengambil foto rontgen, radiographer (petugas pengambil gambaran radiologi), meletakkan payudara Anda satu per satu di antara dua lempeng terbuat dari plastik. Bidang ini kemudian menekan payudara untuk meratakannya. Anda mungkin akan mencicipi sakit pada payudara selama beberapa saat. Ini yang akan menciptakan anda merasa tidak nyaman.

Abaikan saja. Karena memang itu cara untuk menegakkan diagnose mammografi. Karena semakin rata payudara Anda, makin baik gambarnya. Radiographer yang akan menilai apakah himpitan pada payudara anda itu cukup atau kurang. Anda perlu menginformasikan pada petugas, jikalau anda merasa sangat kesakitan.
Radiografer akan mengambil dari banyak sekali posisi. Paling sering dua gambar diambil dari masing-masing payudara, satu dari samping dan satu dari atas. Kaprikornus anda perlu sabar untuk mendapat hasil yang memuaskan. Kurang lebih demikian ilustrasinya :
 

Di mana sanggup melaksanakan investigasi Mammografi?

Sayangnya investigasi mammografi ini tidak merata di seluruh Indonesia. Bahkan di kota sekalipun. Alat ini walau sudah usang ada, namun pemerataan nya kurang. Anda perlu menanyakan terlebih dahulu pada sebuah rumah sakit apakah alat ini tersedia atau tidak? Biasanya yang paling sering yakni rumah sakit yang mempunyai pelayanan penanganan kangker dan tumor walau itu juga tidak pasti.
  
Bagaimana? Anda tertarik untuk memeriksakan kondisi payudara anda? Tidak usah menunggu sakit untuk melaksanakan tes ini. Segeralah!!
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *